Thursday, September 10, 2015

KRI Bung Tomo Bawa Persenjataan Canggih Selama Bertugas Di Lebanon

KRI Bung Tomo Bawa Persenjataan Canggih Selama Bertugas Di Lebanon
KAPAL PERANG INDONESIA KRI BUNG TOMO

Akan bertugas kurang lebih selama 10 Bulan, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo jelaskan KRI Bung Tomo-357 beserta 107 prajuritnya dilengkapi dengan persenjataan lengkap yang semakin maksimal dibanding kapal-kapal sebelumnya.

"Mereka akan melakukan penugasan kurang lebih 10 bulan, dengan dua bulan pelayaran berangkat dan pulang, serta delapan bulan berada di Area of Maritime Operations Lebanon," Kata Gatot di Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (27/8).

KAPAL PERANG INDONESIA KRI BUNG TOMO


Gatot menjelaskan, dalam penugasan ini, prajurit dibekali dengan beberapa senjata seperti Meriam Oto Melara 76 mm, dua meriam MSI Defence DS 30 Remsig 30 mm, Peluncur Triple BAE System Kaliber 324 mm untuk perang atas air, enam belas tabung peluncur peluru kendali permukaan ke udara VLS MBDA VLs Mica (BAE System).


"Selain itu, dalam melakukan pelayaran menuju Lebanon melalui rute Surabaya-Jakarta-Belawan-Colombo-Salalah-Port Said-dan Beirut ini, mereka juga dibekali dua tabung peluru kendali MBDA (Aerospatiale) MM-40 Block II Exoxet serta dilengkapi Radamce 2500 yang merupakan perangkat sensor elektro optic weapon director, di mana alat ini dapat disetting multi mode auto tracker, yaitu lima sasaran dapat dipantau sekaligus dari jarak 18.000 meter," jelasnya.

KAPAL PERANG INDONESIA KRI BUNG TOMO

Sebelumnya Indonesia pernah mengirimkan 4 kapal secara bergantian dalam misi serupa, yaitu Satgas MTE Lebanon dari Korvet kelas SIGMA yakni KRI Sultan Iskandar Muda-367, KRI Frans Kaisep-368, serta KRI Diponegoro-365, dan baru tahun ini TNI AL mengirimkan Alutsista terbaru jenis Multi Role Light Frigate (MRLF), yang bukan lain KRL Bung Tomo-357.

Kapal ini memiliki berat 1,940 ton dengan panjang keseluruhan 95 meter lebar 12,8meter dengan tenaga penggerak mesin 4x Man B & W ruston diesel enginer yang dapat menyemburkan tenaga hingga berkecepatan mencapai 30 knot dengan daya jelajah 9.000 km.

Sumber : Merdeka.com

No comments:

Post a Comment