Sunday, December 13, 2015

Rusia Siap Bantu Irak "Lawan" Turki

Rusia Siap Bantu Irak "Lawan" Turki
Rusia siap mendukung dan membantu pemerintah Irak dalam menjaga kedaulatan negara mereka, termasuk dukungan terhadap upaya Irak melawan Turki. (Istimewa)

Rusia siap bantu Irak Melawan Turki

MOSKOW - Pemerintah Rusia, melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mereka menyatakan akan mendukung dan membantu pemerintah Irak dalam menjaga kedaulatan negara mereka. Ini termasuk dukungan terhadap upaya Irak melawan Turki.

Seperti diketahui, Irak dan Turki saat ini tengah bersitegang akibat kebijakan Ankara yang mengirimkan pasukan ke Mosul. Dimana, pemerintah Irak menyebut pengiriman pasukan tersebut sebagai sesuatu yang ilegal, dan merupakan pelanggaran keras terhadap kedaulatan Irak.

Kembali kepada dukungan Rusia, hal itu disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov kala berbicara dengan Ibrahim al-Jaafari melalui sambungan telepon.

Berdasarkan keterangan Kemlu Rusia, pembicaraan itu membahas mengenai tindakan yang melanggar hukum internasional.

"Dalam pembicaraan itu, Pihak Rusia menyatakan posisinya dalam mendukung kedaulatan dan integritas teritorial Irak," kata Kemelu Rusia dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Unian pada Minggu (13/12).

Dukungan Rusia kepada Irak ini sendiri datang di tengah masih tegangnya hukungan Ankara dan Moskow. Hubungan kedua negara mulai menegang, paska Turki menembak jatuh jet tempur Rusia, Su-24 di perbatasan Suriah dan Turki.


SINDOnews.com

No comments:

Post a Comment