Sunday, November 29, 2015

ISIS Bebaskan 10 Warga Kristen Suriah

ISIS Bebaskan 10 Warga Kristen Suriah
ISIS kembali membebaskan sandera kristen Suriah | (Chritiansinpakistan)

ISIS Bebaskan Sandera Kristen Suriah

DAMASKUS - Dua kelompok pemantau konflik di Suriah mengatakan, ISIS telah membebaskan 10 warga Kristen Suriah yang telah mereka culik selama 9 bulan dari wilayah timur laut Suriah.

Kelompok HAM Asyur mengatakan, 10 warga Kristen Suriah, termasuk lima wanita, telah dibebaskan oleh ISIS. Pembebasan 10 warga Kristen Suriah ini disebut sebagai upaya tak kenal lelah dan negosiasi yang dilakukan oleh Gereja Asiria Timur.

Pernyataan yang sama juga dikeluarkan oleh kelompok Observatorium HAM untuk Suriah yang berbasis di London, Inggris, seperti dikutip dari laman Daily Mail, Rabu (25/11/2015).

Pada bulan Februari lalu, ISIS telah menculik 200 warga minoritas Kristen saat mereka menyerang wilayah Khabur di Hasakeh. Saat ini, diyakini sekitar 140-150 orang dari para sandera masih ditahan oleh kelompok ekstrimis itu, meski secara berkala ISIS telah membebaskan beberapa orang dari mereka.

Dalam catatan kelompok HAM Asyiria, dari 1,2 juta warga Kristen sebelum perang Suriah, kini hanya tersisa 30.000 jiwa. Mereka hidup di 35 desa di Hasakeh.

SINDOnews.com

No comments:

Post a Comment