Sunday, July 10, 2016

ISIS Tembak Jatuh Helikopter Rusia, Dua Pilot Tewas


Isis Merilis Video Yang Menembak Jatuh Helikopter Rusia. (Diolah dari Reuters TV)

Kronologi Penembakan Helikopter Rusia

Jakarta - Kelompok militan ISIS dilaporkan telah menembak jatuh sebuah helikopter serbu milik Rusia di dekat Palmyra, Suriah. Dua orang pilot Rusia dalam helikopter tersebut tewas, seperti yang disampaikan laporan Kementerian Pertahanan di Moskow.

Diberitakan Reuters yang mengutip Kemhan Rusia, Sabtu (9/7), helikopter Mi-25 tersebut ditembak jatuh pada Jumat (8/6) setelah melakukan penyerangan ke markas ISIS di Homs.


Helikopter tersebut diserang menggunakan roket saat akan kembali ke pangkalan karena kehabisan amunisi. "Helikopter yang akan kembali itu ditembak militan dari darat dan jatuh di wilayah yang dikuasai pasukan pemerintah Suriah, krunya meninggal," ujar laporan Kemhan Rusia.

Kedua pilot yang tewas adalah Evgeny Dolgin dan Ryafagat Khabibulin. Menurut Kemhan, helikopter Rusia diturunkan setelah mendapatkan permintaan dari Suriah untuk membantu menyerang ISIS.

Kantor berita Rusia Interfax yang mengutip sumber militer Rusia mengatakan, helikopter tersebut jatuh dihantam rudal anti-tank TOW buatan Amerika. Jatuhnya helikopter itu  terekam kamera ISIS dan dipublikasi di media mereka, Amaq. Dalam video terlihat helikopter tertembak dan jatuh ke tanah.

Sementara itu ISIS, menurut kelompok pemantau terorisme, SITE telah merilis sebuah pernyataan yang berisi klaim atas penembakan helikopter tersebut. ISIS dalam pernyataannya menuturkan bahwa mereka suskes menghacurkan helikopter, dan menewaskan pilot helikopter tersebut.

"Tentara kami telah menjatuhkan sebuah helikopter serbu Rusia ketika mencoba untuk menyerang posisi kami. Hal ini mengakibatkan kehancuran dan menewaskan semua orang yang ada di dalam helikopter," kata ISIS, seperti dikutip SITE.


Sumber: CNN Indonesia

No comments:

Post a Comment