Friday, October 30, 2015

1 Tahun Menjabat Menteri Susi Tenggelamkan 106 Kapal Nelayan Asing

1 Tahun Menjabat Menteri SUSI Tenggelamkan 106 Kapal Nelayan Asing 


Ilegal Fishing

Jakarta -Dalam tahun pertama kepemimpinan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, total sudah 106 kapal asing pencuri ikan yang ditenggelamkan. Jumlah ini masih akan terus bertambah. 

Sabtu pekan ini saja, akan ada 6 kapal pencuri ikan lagi yang ditenggelamkan. Susi menggandeng Polair hingga TNI AL untuk memberantas dan menenggelamkan kapal ilegal tersebut.

"Penenggelaman kapal oleh KKP, Polair, dan TNI AL sudah 106 kapal dalam 1 tahun ini. Besok Sabtu 6 kapal lagi dari Batam akan ditenggelamkan, semuanya dari negara tetangga," kata Dirjen PSDKP KKP, Asep Burhanuddin, dalam Paparan Kinerja KKP di Kantor KKP, Jakarta, Jumat (30/10/2015).

Dalam paparannya di depan Menteri Susi, Asep meminta Susi agar mengupayakan proses penenggelaman kapal dalam‎ rapat-rapat kabinet supaya penegakan hukum terhadap illegal fishing semakin tegas. 

"Saya minta ke Ibu Susi, ini saran, saya ingin proses penenggelaman kapal dipercepat," ucapnya. (Baca juga: Menteri SUSI buru kapal pencuri ikan pakai google.)

Selain itu, Asep meminta agar kapal-kapal pengawas milik KKP dilengkapi dengan senjata untuk menenggelamkan kapal-kapal maling ikan.‎ 

"Mohon kapal PSDKP dilengkapi dengan senjata untuk menenggelamkan kapal. Mohon dibicarakan di rapat kabinet," ujarnya.

Bila usulan-usulan itu dapat direalisasikan, akan semakin banyak sumber daya kelautan Indonesia yang bisa diselamatkan.‎ 

"Yang penting kita bisa menyelamatkan sumber daya kelautan kita," tutupnya.

Berdasarkan data Ditjen PSDKP KKP, berikut daftar jumlah kapal pencuri ikan yang ditenggelamkan dalam setahun terakhir berdasarkan negara asalnya:

  • Malaysia 6 kapal
  • Filipina 34 kapal
  • RRC 1 kapal
  • Thailand 21 kapal
  • Vietnam 33 kapal
  • Papua NG 2‎ kapal

No comments:

Post a Comment