Thursday, October 29, 2015

Media Beijing: Tak Takut AS, China Mungkin Kerahkan Jet Tempur

Media Beijing: Tak Takut AS, China Mungkin Kerahkan Jet Tempur  1
Media pemerintah China dalam editorial menyatakan Beijing tak takut dengan AS dalam konflik Laut China Selatan. | (Reuters)

Konflik Laut China Selatan

Media pemerintah China, Global Times, melansir editorial berisi kemarahan terhadap Amerika Serikat (AS) kurang dari 24 jam setelah kapal perang AS USS Lassen dikirim ke dekat pulau buatan Beijing di Laut China Selatan. Media itu menyatakan, China tidak takut dengan AS dan mungkin akan mengerahkan pesawat-pesawat jet tempur ke Laut China Selatan.

”Jika provokasi seperti ini terus, kapal perang China harus terlibat tatap muka dengan rekan-rekan mereka di AS di Laut China Selatan,” bunyi editorial yang diterbitkan Rabu (28/10/2015).

“Beijing akan dipaksa untuk mempercepat pengerahan militer di kawasan itu, termasuk militerisasi lebih cepat dari pulau-pulau (buatan China) yang bisa menghadapi militer AS militer di wilayah itu,” lanjut editorial Global Times.

”Jika AS bertekad bahwa provokasi tersebut akan menjadi peristiwa biasa, mungkin China akan mengerahkan jet tempur di pulau-pulau baru tersebut.”

AS sudah nekat mengirim kapal perang USS Lassen di wilayah yang berjarak 12 mil dari pulau terumbu karang Subi dan Mischief di Kepulauan Spratly, Laut China Selatan. China marah dengan tindakan AS yang dianggap sudah mengancam kedaulatan dan keamanan.

Namun, AS membela diri dengan dalih kawasan Laut China Selatan merupakan perairan internasional di mana negara mana pun bebas bernavigasi. AS bahkan akan nekat patroli rutin di kawasan itu.

”Kami akan terbang, berlayar dan beroperasi sesuai hukum internasional. Ada operasi angkatan laut di wilayah itu dalam beberapa hari terakhir dan akan ada lebih banyak di minggu dan bulan-bulan mendatang,” kata.Menteri Pertahanan AS, Ash Carter, seperti dikutip IB Times, Kamis (29/10/2015).

sindonews.com

No comments:

Post a Comment