Sunday, October 25, 2015

Kapal AL Korsel Lepaskan Tembakan Peringatan pada Kapal Korut

Kapal milik Angkatan Laut Korea Selatan (Korsel) dilaporkan melepaskan tembakan peringatan kepada kapal berbendera Korea Utara (Korut). (Istimewa)

SEOUL - Kapal milik Angkatan Laut Korea Selatan (Korsel) dilaporkan melepaskan tembakan peringatan kepada kapal berbendera Korea Utara (Korut). Tembakan peringatan ini dilepaskan ketika kapal Korut berlayar di dekat perbatasan maritim kedua negara.

Insiden itu dilaporkan terjadi kemarin malam. Saat itu, kapal AL Korsel melihat kapal Korut yang terus mendekati wilayah perbatasan kedua negara di teluk Korea. Tak ingin wilayah maritim dilanggar, AL Korsel akhirnya memutuskan untuk melepaskan tembakan peringatan.

"AL Korsel menembakkan beberapa tembakan ke arah sebuah kapal patroli Korut yang melintasi wilayah perbatasan maritim yang disengketakan pada hari Sabtu, memaksanya untuk mundur," ujar seorang pejabat Kementerian Pertahanan Korsel.

"Kapal Korut tidak membalas tembakan peringatan tersebut, dan tidak berusaha untuk membuat tindakan provokasi lainnya," sambung pejabat itu yang berbicara dalam kondisi anonim, seperti dilansir Jpost pada Minggu (25/10).

Korut dan Korsel sendiri baru saja kembali berdamai setelah sempat bersitegang selama beberapa hari. Ketegangan terakhir dipicu oleh kebijakan Korsel yang menyiarkan propganda anti-Korut diperbatasan kedua negara, yang dibalas dengan serangan roket oleh Korut.

sindonews.com

No comments:

Post a Comment