Sunday, October 25, 2015

Korut Berang Kapal Patrolinya Diberi Tembakan Peringatan

kapal korut1
Korut menilai tembakan peringatan yang dilakukan oleh angkatan laut Korsel terhadap kapal patrolinya adalah tindakan provokasi | (Todayonline)

PYONGYANG-Tensi ketegangan di Semenanjung Korea yang belum lama ini mereda tampaknya akan kembali panas. Hal ini dipicu oleh tembakan peringatan yang dilepaskan Angkatan Laut Korea Selatan (Korsel) terhadap kapal patroli Korea Utara (Korut) yang mendekati daerah perbatasan laut yang disengketakan.

Menurut seorang juru bicara Korut, penembakan yang dilakukan oleh Korsel terhadap kapal patroli yang tengah menjalankan operasi rutin adalah tindakan provokasi. Ia pun memperingatkan jika tindakan tersebut bisa memicu konfrontasi militer.

"Hanya akan ada bencana perang, jauh dari peningkatan hubungan Utara-Selatan, selama militer Korsel melakukan tindakan sembrono," ujar jubir Korut yang tidak ingin identitasnya diungkapkan, seperti disitir dari laman Reuters, Minggu (25/10/2015).

Sebelumnya, Angkatan Laut Korsel melepaskan tembakan peringatan kepada kapal patroli Korut di dekat Garis Batas Utara (NLL) yang masih disengketakan. Insiden tersebut terjadi pada Sabtu (24/10/2015) kemarin. Tembakan peringatan itu bertujuan untuk memaksa kapal patroli Korut untuk mundur dari wilayah tersebut.

Kedua Korea pernah terlibat perang di laut pada 1999 dan menewaskan puluhan pelaut di kedua sisi. Pada tahun 2010, sebuah kapal Angkatan Laut Korsel tenggelam akibat serangan torpedo dan menewaskan 46 orang pelaut. Korsel pun menuding Korut sebagai biang keladinya, namun hal itu dibantah oleh Korut.

sindonews.com

No comments:

Post a Comment